Berdasarkan pengalaman saya di PT. PLN (Persero) Rayon
Tanjung Morawa, bahwa pada saat terjadi gangguan pada Penyulang TM.1 dimana trip
dengan indikasi Ground Fault Instant (GFI) . Dimana penyulang TM.1 merupakan
penyulang terpendek di wilayah kerja PT. PLN (Persero) Rayon Tanjung Morawa dengan
panjang sekitar 3 kms dan hanya melayani
pelanggan industri sebanyak 5
pelanggan yaitu
- KEDAUNG MEDAN IND. PT
- KEDAUNG MEDAN IND. PT
- INDO FOOD MAKMUR PT
- KARYA UTAMA PRIMA PT
- PERMATA SAKTI
Hasil pelacakan
petugas gangguan PT. PLN (Persero) Rayon Tanjung Morawa bahwa secara kasat mata
di penyulang TM.1 tidak ditemukan penyebab gangguan. Lalu petugas gangguan
tersebut meminta mencoba Penyulang TM.1 masuk melalui radio, pada saat dicoba
gagal. Lalu petugas gangguan melepas semua lateral yang ada di Penyulang TM.1 dan
meminta mencoba Penyulang TM.1 masuk melalui radio, dan hasilnya gagal dengan
indikasi yang sama yaitu GFI.
Kami mencurigai kemungkinan kabel tanah (SKTM) dari kubikel
GI sampai ke depan GI dengan alasan indikasi gangguan GFI. Lalu kami berencana
mencoba hanya kabel SKTM tersebut dengan
melepaskan DS eksisting Penyulang TM.1. Tapi permasalahan yang kami hadapi
bahwa DS (Disconnecting Swicth) tersebut
sudah rusak seperti pada gambar diatas. Kabel HUTM dan kabel SKTM dihubungkan
dengan baut, sehingga kami meminta waktu
untuk membuka baut tersebut. Waktu yang kami habiskan untuk membuka ketiga baut
tersebut lebih dari satu jam karena baut tersebut sudah berkarat dan salah satu
baut harus dipotong dengan gergaji besi karena tidak dapat dibuka.
Dari pengalaman tersebut, saya berpikir bahwa DS (Disconnecting
Swicth) tersebut harus diganti menjadi DS yang bagus agar dapat dioperasikan.
Hal ini bertujuan untuk mengurangi lama padam dan mempercepat apabila ada
pekerjaan. Dimana untuk membuka DS tersebut seharusnya hanya dibutuhkan waktu 5
menit, tapi karena kendala DS rusak maka harus menghabiskan waktu lebih dari 1
jam.
Dengan demikian saya memutuskan untuk melakukan survei pada penyulang yang memakai
DS di wilayah kerja PT. PLN (Persero) Rayon Tanjung Morawa. Dan membuat surat
permohonan penggantian DS rusak yang ada di wilayah kerja PT. PLN (Persero)
Rayon Tanjung Morawa.
Terlampir surat permohonan :
0 komentar:
Posting Komentar