KARYAKU UNTUK PT. PLN (PERSERO)

PERMOHONAN PENGGANTIAN DS RUSAK DI WILAYAH KERJA RAYON TANJUNG MORAWA



Berdasarkan pengalaman saya di PT. PLN (Persero) Rayon Tanjung Morawa, bahwa pada saat terjadi gangguan pada Penyulang TM.1 dimana trip dengan indikasi Ground Fault Instant (GFI) . Dimana penyulang TM.1 merupakan penyulang terpendek di wilayah kerja PT. PLN (Persero) Rayon Tanjung Morawa dengan panjang sekitar 3 kms dan hanya melayani 


pelanggan industri sebanyak 5 pelanggan  yaitu
  1.  KEDAUNG MEDAN IND. PT
  2. KEDAUNG MEDAN IND. PT
  3.  INDO FOOD MAKMUR PT
  4.  KARYA UTAMA PRIMA PT
  5.   PERMATA SAKTI

Hasil  pelacakan petugas gangguan PT. PLN (Persero) Rayon Tanjung Morawa bahwa secara kasat mata di penyulang TM.1 tidak ditemukan penyebab gangguan. Lalu petugas gangguan tersebut meminta mencoba Penyulang TM.1 masuk melalui radio, pada saat dicoba gagal. Lalu petugas gangguan melepas semua lateral yang ada di Penyulang TM.1 dan meminta mencoba Penyulang TM.1 masuk melalui radio, dan hasilnya gagal dengan indikasi yang sama yaitu GFI.
Kami mencurigai kemungkinan kabel tanah (SKTM) dari kubikel GI sampai ke depan GI dengan alasan indikasi gangguan GFI. Lalu kami berencana mencoba  hanya kabel SKTM tersebut dengan melepaskan DS eksisting Penyulang TM.1. Tapi permasalahan yang kami hadapi bahwa DS (Disconnecting Swicth)  tersebut sudah rusak seperti pada gambar diatas. Kabel HUTM dan kabel SKTM dihubungkan dengan  baut, sehingga kami meminta waktu untuk membuka baut tersebut. Waktu yang kami habiskan untuk membuka ketiga baut tersebut lebih dari satu jam karena baut tersebut sudah berkarat dan salah satu baut harus dipotong dengan gergaji besi karena tidak dapat dibuka.
Dari pengalaman tersebut, saya berpikir bahwa DS (Disconnecting Swicth) tersebut harus diganti menjadi DS yang bagus agar dapat dioperasikan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi lama padam dan mempercepat apabila ada pekerjaan. Dimana untuk membuka DS tersebut seharusnya hanya dibutuhkan waktu 5 menit, tapi karena kendala DS rusak maka harus menghabiskan waktu lebih dari 1 jam.
Dengan demikian saya memutuskan untuk  melakukan survei pada penyulang yang memakai DS di wilayah kerja PT. PLN (Persero) Rayon Tanjung Morawa. Dan membuat surat permohonan penggantian DS rusak yang ada di wilayah kerja PT. PLN (Persero) Rayon Tanjung Morawa.




0 komentar:

Posting Komentar